Tugas 7 (Pertemuan 14): ViewModel and State in Compose
Oleh Arya Widia Putra / 5025201016
ViewModel and State in Compose
Komponen ViewModel adalah komponen yang menyimpan dan menunjukkan state untuk user interface. Penggunaan ViewModel adalah cara untuk mengimplementasikan pengarahan UI dari model. Pada latihan kali ini, kita menyempurnakan sebuah aplikasi game Unscramble (membuat kata dari huruf yang diacak). Kode awal dapat diperoleh dari https://github.com/google-developer-training/basic-android-kotlin-compose-training-unscramble/tree/starter. Lalu, kita sempurnakan aplikasi tersebut agar fungsi-fungsi, seperti score, limit kata dalam satu sesi, fitur skip, dan acak huruf dapat berjalan sesuai yang diinginkan.
1. Dokumentasi
- Programming language (bahasa): Kotlin (Android Studio dan Jetpack Compose)
- Goal (tujuan): Memahami ViewModel dan State pada Compose, studi kasus game acak kata
- Full code (kode): https://github.com/aryawidiap/unscramble-app
Penjelasan kode
Data class GameUiState
Class ini merupakan template untuk data yang akan digunakan dalam aplikasi.
Fungsi GameViewModel
Fungsi ini bertindak sebagai View Model dalam aplikasi ini, menyimpan dan menunjukkan state untuk ditampilkan pada UI.
Fungsi GameScreen
Fungsi ini bertindak sebagai fungsi yang mengatur elemen UI (UI element).
2. Tampilan UI
Gambar 2. Tampilan aplikasi saat user menjawab dengan benar. Nilai pada score bertambah dari 0 ke 20.
Gambar 3. Tampilan aplikasi saat kata sudah menyentuh banyak maksimal
Comments
Post a Comment